PACKAGE
DAN JAVA KELAS
A.
PACKAGE.
Package
digunakan untuk mengelompokkan file kalas (*class) yang terkait (karena
jenisnya, fungsinya atau karena alasan lainnya) pada direktori yang sama,
dimana didalam kelasnya terdapat directive (statetmen java dalam source code
yang digunakan untuk kelas) package yang mengacu pada directori tersebut.
Deklarasi
package : Package namaPackage;
Secara
umum, menggunakan kelas yang telah dideklarasi dan dikompile ke dala suatu
package, maka dapat membubuhkan pernyataan import pada kelas pemanggil
tersebut.
Deklarasi
import :
1.
Mendeklarasikan
penggunaan kelas suatu package satu persatu
Import
namaPackage.namaKelas;
2.
Mendeklarasikan
penggunaan semua kelas suatu package
Import
namaPackage.*;
B.
JAVA
KELAS.
1. Kelas
String.
String
merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah
method yang sangat berguna untuk memanipulasi string. Beberapa method dalam kelas
string adalah :
a.
Char
charAt(int indeks) : menghasilkan karakter yang terletak pada posisi indeks.
b.
Boolean
equals(Object anObjevt) : membandingkan string ini dengan onjek lain. Case
sensitive
c.
Boolean
equalsIgroneCase(String anString) : membandingkan string ini dengan objek lain.
Tidak case sensitive
d.
Int
length() : mengembalikan nilai panjang/jumlah karakter dari string
e.
String
toLowerCase() : mengkonversi semua karakter menjadi huruf kecil
f.
String
toUpperCase() : mengkonversikan semua karakter menjadi huruf besar
g.
String
main() : mengembalikan salinan string ini menghilangkan spasi kosong diawal dan
diakhir string.
2. Kelas
Math.
Math
adalah kelas yang terdapat pada paket java yang berguna untuk melakukan
berbagai operasi matematika.
Beberapa
method dalam kelas math adalah :
a.
Double
abs(double a) .
Menghasilkan nilai
mutlak dari atribut.
b.
Double
ceil(double a).
Mengkonversi nilai
atribut dengan pembulatan ke bawah.
c.
Double
floor(double a).
Mengkonversi nilai
atribut dengan pembulatan keatas.
d.
Long
round(double a).
Menghasilkan nilai
yang merupakan bilangan bulat terdekat dengan parameter a.
e.
Double
sqrt(double a).
Menghasilkan nilai yang merupakan
akar kuadrat dari a.
LANGKAH
– LANGKAH PRAKTIKUM.
Membuat
direktori PERTEMUAN 6\makhlukhidup\hewan
CARA
MENYIMPAN :
1.
Buat
folder di data D dengan nama PERTEMUAN 6
2. .
Kemudian
buat folder baru makhlukhidup
a.
Didalam
folder makhluk hidup simpan file
Manusia.java dengan Tumbuhan.java
b.
Didalam
folder makhlukhidup buat folder baru dengan nama hewan
Difolder
hewan simpan file Burung.java.
Setelah
itu untuk file MainMakhluHidup
MainMakhluHidupImport
ContohString
OpMatematika
Simpan
sejajar dengan folder makhlukhidup
(simpan file tersebut di dalam folder PERTEMUAN 6)
a. MEMBUAT
PROGRAM Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama = "";
public Manusia(String nama) {
this.nama = nama;
}
}
Tidak memiliki output karena
tidak memiliki fungsi utama yaitu “public static void main”

B. MEMBUAT
PROGRAM Tumbuhan.java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama = "";
public Tumbuhan (String nama) {
this.nama = nama;
}
}

C. MEMBUAT
PROGRAM Burung.java
//file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan;
public class Burung {
public static final boolean bisaTerbang = true;
public String nama ="";
public Burung (String nama) {
this.nama = nama;
System.out.println("Nama burung: "+nama);
}
}

D. MEMBUAT
PROGRAM MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
public class MainMakhlukHidup {
public static void main (String[] args) {
makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia
("Sayuti");
System.out.println("nama : "+m.nama);
makhlukhidup.Tumbuhan t = new
makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
System.out.println("nama : "+t.nama);
System.out.println("Semua burung pasti bisa
terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
makhlukhidup.hewan.Burung b = new
makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
}
}
Outputnya :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti bisa terbang?
False
Nama burung : Beo

E. MEMBUAT
PROGRAM MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
import makhlukhidup.*;
import makhlukhidup.hewan.*;
public class MainMakhlukHidupPakeImport {
public static void main(String[] args) {
Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
System.out.println ("nama : "+m.nama);
Tumbuhan t = new Tumbuhan ("Palem");
System.out.println ("nama : "+t.nama);
System.out.println ("Semua burung pasti bisa
terbang?"+Burung.bisaTerbang);
Burung b = new Burung ("Beo");
}
}
Outputnya :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti bisa terbang?
False
Nama burung : Beo

F. MEMBUAT
PROGRAM ContohString.java
public class ContohString {
public static void main (String[] args) {
String Kalimat = "Selamat belajar JAVA";
System.out.println("toUpperCase"+Kalimat.toUpperCase());
System.out.println("toLowerCase"+Kalimat.toLowerCase());
System.out.println("Jumlah karakter :
"+Kalimat.length());
System.out.println("Karakter index ke 0 :
"+Kalimat.charAt(0));
System.out.println("Substring(16,20) :
"+Kalimat.substring(16,20));
System.out.println("Karakter index ke 0 :
"+Kalimat.trim());
}
}
Outputnya :
to UpperCase SELAMAT BELAJAR JAVA
to LowerCase selamat belajar java
Jumlah karater : 20
Karakter indeks ke 0 : S
Substring <16,20> : java
Karakter index ke 0 : selamat
belajar java

G. MEMBUAT
PROGRAM OpMatematika.java
public class OpMatematika {
public static void main (String[] args) {
System.out.println ("E =
"+Math.E);
System.out.println ("PI =
"+Math.PI);
System.out.println ("Ln 20 = "+Math.log(20.0));
System.out.println ("ceil(-5.6) = "+Math.ceil(-5.6));
System.out.println ("floor(-5.6) = "+Math.floor(-5.6));
System.out.println ("round(-5.6) = "+Math.round(-5.6));
System.out.println ("sqrt(25) = "+Math.sqrt(25));
System.out.println ("pow(25,0.5) = "+Math.pow(25,0.5));
}
}
Outputnya :
E =
2.718281828459045
PI = 3.141592653589793
Ln 20 = 2.995732273553991
Ceil <-5.6> = -5.0
Floor <-5.6> = -6.0
Round <-5.6> = -6
Sqrt <25> = 5.0
Pow <25,0.5> = 5.0

Tidak ada komentar:
Posting Komentar