Sabtu, 23 Maret 2019

PERTEMUAN 7 JAVA GUI


JAVA GUI




DASAR TEORI
Sun Microsystem,Inc. Selaku pengembang utama java menyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi java. Daftar kelas yang telah disediakan oleh Sun, lengkap serta constructor, method dan cara penggunaannya dapat dilihat pada dokumentasi java. Dokumentasi java ini akan sangat terasa kegunaanya ketika membuat aplikasi java berbasis GUI ( GRAPHIC WIDGET TOLLKIT).
GUI adalah suatu aplikasi dalam java yang berbasis grafik. GUI membuat hasil suatu program tanpak menarik dan nyaman ketika digunakan oleh user dan mudah digunakan. Java menyadiakan 3 kelas yaitu : AWT (Abstract Windowing Toolkit), SWT (Standart Widget Toolkit) dan Swing.

1.      AWT
AWT terdapat pada package java.awt. package java.awt berisi komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi. Tampilan dari java.awt menyesuaikan dengan sistem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Kelas yang terdapat pada package java.awt seperti : button, label, window, frame, panel dan dialog.

2.      SWT
SWT terdapat pada package java.swt package java.swt berisi komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi. Tampilann dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Namun performa dari SWT hampir sama seperti swing.

3.      SWING
Swing terdapat pada package javax.swing. Package javax.swing dapat diaplikasikan pada multiplatform sistem operasi. Implementasi swing dalam program program dapat menggunakan class yang sudah dapat pada javax.swing yaitu jFrame, Jdialog, Joption, Jlabel.


LANGKAH PRAKTIKUM.


A.     MEMBUAT PROGRAM cthWTI.java

import java.awt.*;
public class cthAWT1 {
public static void main (String[] args) {
Frame myFrame = new Frame("Contoh program AWT");
Label myLabel = new Label("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.show();
}
}

Outpunya :
Selamat belajar JAVA

B.     MEMBUAT PROGRAM cthAWT2.java

import java.awt.*;
class frameTurunan extends Frame {
Label myLabel = new Label("Selamat Belajar JAVA");
public frameTurunan(String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
show();
}
}
public class cthAWT2 {
public static void main (String[] args) {
frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan");
}
}

Outputnya :
Selamat Belajar JAVA


C.     MEMBUAT PROGRAM cthSwing1.java

import javax.swing.*;
public class cthSwing1 {
public static void main (String[] args) {
JFrame myFrame = new JFrame("Contoh program Swing");
JLabel myLabel = new JLabel("Selamat belajar JAVA");
myFrame.add(myLabel);
myFrame.setSize(200,150);
myFrame.setVisible(true);
myFrame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}

Outputnya:
Selamat belajar JAVA

D.     MEMBUAT PROGRAM cthSwing2.java

import javax.swing.*;
class frameTurunan extends JFrame {
JLabel myLabel = new JLabel ("Selamat Belajar JAVA!");
public frameTurunan (String judul) {
setTitle(judul);
setSize(200,200);
add(myLabel);
setVisible(true);
}
}
public class cthSwing2 {
public static void main (String[] args) {
frameTurunan f = new frameTurunan("Ini Frame Turunan");
}
}

Outputnya :
Selamat Belajar JAVA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTEMUAN 11 KOMPONEN KOMPONEN SWING LANJUTAN.

KOMPONEN – KOMPONEN SWING LANJUTAN Swing merupakan alternatif lain untuk mengimplementasikan pemprograman window. Walaupun diimplement...