Minggu, 24 Februari 2019

PERTEMUAN 2. PENGERTIAN CLASS, METHD, CONSTUCTOR, MODIFER DAN OBJEK PADA JAVA


PENGERTIAN  CLASS, METHD, CONSTUCTOR, MODIFER DAN OBJEK
PADA JAVA


Pada pemproraman objek terdapat 2 istilah yang sangat terkenal yaitu kelas dan objek. Kelas dapat dianologikan sebagi cetakan dari suatu benda (objek)
Sedangkan objek adalah benda atau hasil produksi dari cetakan kelas.
Perbedaan kelas dan objek dapat dijelaskan dengan anologi, misalnya seperti kelas cetakan kue yang berarti cetakan untuk objek.
Atribut adalah keadaan yang memiliki oleh objek. Sedangkan method adalah apa yang menurut subjek harus dapat dilakukan objek. Method yang dimiliki objek berkelas mobil dapat berupa cara menghidupkan dan cara mengoper persneling.
1.      Class
Kelas pada java didefenisikan dengan menggunakan kata kunci class
Contoh : [modifier1]class Namakelas[modifier2]{
Class body;
}
2.      Method
Digunakan untuk memodularasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri.
Contoh :
[modifier1]tipeNilaikembalian namaMethod(parameter input){
Method body;
}
3.      Constructor
Merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Constructor digunakan menginisialisasi nilai awal (memberkan nilai ke deflaut) pada atribut yang dimilliki oleh suatu objek itu pertama kali.
4.      Modifier
Adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam java. Modifer akses adalah modifer yang selalu digunakan, modifer akses terdiri dari private, default, protected dan public.
Berikut modifer yang penting yaitu :
a.       Static adalah modifer yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansi terhadap kelas dimana pun berada.
Contoh : method main.
b.      Final adalah modifer yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifer ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
5.      Object
Sebuah kelas yang digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek lain yang menggunakannya.
Dibutuhkan new untuk membuat objek  baru

CONTOH PROGRAM
1.      Membuat program disket.java

Program diatas terdapat 3 method yaitu :
Void simpanData (string data1){
Void hapusData(){
String bacaData(){

2.      Membuat program MainDisket.java
Outputnya :
Panjang disket =10
Lebar disket =10
Warna disket =kuning
Bentuk disket =segiempat
Data mula = (spasi)
Setelah simpan data = belajar java
Setelah hapus data =
3.      Mengimplementasikan konstruktor pada class Disket
a.       Buka file Disket.java
b.      Ketikkan kode dibawah
Disket() {
Panjang = 100
}
Disket (int panjang1){
This.panjang = panjang1;
}

Outputnya :
Panjang disket =100

4.      Ubah souche code baris ke-3 dari mainDisket.java dengan kode yangdibawah
Disket disk1= new Disket(50);


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTEMUAN 11 KOMPONEN KOMPONEN SWING LANJUTAN.

KOMPONEN – KOMPONEN SWING LANJUTAN Swing merupakan alternatif lain untuk mengimplementasikan pemprograman window. Walaupun diimplement...