Sabtu, 15 September 2018

LAPORAN 2 MENGENAL DATA, PERINTAH MASUKAN DAN KELUARAN.


DISUSUN OLEH :
Nama : Eva yestina manurung.
Kelas : 18M02.
Prodi :Management Informatika.
2018

DOSEN :
Sundari retno andani S.T, M.Kom





BAB I
PENDAHULUAN.


I. LATAR BELAKANG.

Bahasa pemprograman adalah bahasa yang dirancang untuk membuat  program. bahasa pemrograman berisi suatu susunan aturan penulisan (sintaks) yang membentuk kode- kode, yang kemudian akan diterjemahkan oleh program komputer.
Pemprograman umumnya  memiliki tipe- tipe data yang sangat sederhana .Belajar bahasa program memang sangat sulit namun, bukan berarti sebagai penghalang untuk belajar program.

II. TUJUAN LAPORAN.

1. Dapat mengenal jenis tipe data.
2. Dapat menambah wawasan tentang dunia pemprograman.
3. Dapat membuat program sederhana dengan aplikasi TURBO C++ .
4. Dapat membuat pendeklarasian variabel dan tipe data.





BAB II
PEMBAHASAN.
  1. TIPE DATA

Tipe data adalah jenis nilai yang dapat ditampung dan digunakan untuk mendefenisikan objek data yang dimanipulasi ke dalam suatu pemprograman. Tipe data memiliki banyak kegunaan di dalam pembuatan program. Pada saat pembuatan program kita pasti menemui jenis tipe data.
Berikut jenis tipe data yaitu:

TIPE DATA
UKURAN MEMORI
JANGKAUAN NILAI
JUMLAH DIGIT
Char
1 byte
-128 s.d 127

Int
2 byte
-32768 s.d 32767

Short
2 byte
-32768 s.d 32767

Long
4 byte
-2, 147, 435, 648 s.d 2, 147, 435, 647

Float
4 byte
3.4 x 10-38 s.d 3.4 x 10+38
5-7
Double
8 byte
1.7 x 10-308 s.d 1.7 x 10 + 308
15-16
Long double
10 byte
3.4 x 10-4932 s.d 1.1 x 10 + 4932
19



  • CHAR
Merupakan karakter yang terletak diantara tanda petik tunggal. Tipe data char juga hanya memiliki karakter dengan 1 byte.
Contoh  :
Char X = ‘1’
Dimana char sebagai tipe data
X sebgai variabel
1        sebagai nilai
  • STRING.

String adalah tipe data yang berbentuk barisan huruf atau angka yang hanya dapat menampung 2 byte.
Contoh penggunaanya :
String y =”aku”
String nimA=”20184636”
  •  SHORT.

merupakan tipe data untuk menyatakan bilangan dengan kapasitas penyimpanan sampai  2 bytes  dan bisa berisi bilangan negatif.
  • LONG.

tipe data bilangan dengan besaran 8 byte, dan bisa digunakan untuk menyimpan bilangannegatif.
  • FLOAT.

merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan dengan kapasitas penyimpanan 4 byte. 
Contoh :
float daftar_variabel = inisialisasi;
float p=3,14;
  • DOUBLE.

merupakan tipe data yang sama dengan float hanya memiliki tingkat precisi yang lebihtinggi dan dengan kapasitas penyimpanan 8 byte.
Contoh :
double daftar_variabel = inisialisasi;
double angka = 3.14;
  • LONG DOUBLE.

salah satu tipe data yang bersifat menyatakan bilangan pecahan atau real.

2.      VARIABEL DAN KONSTANTA

A. VARIABEL.
Variabel adalah tempat penyimpanan data dalam memori komputer yang mengandung data atau nilai sementara dari sebuah proses pemrograman.
Deklarasi Variabel merupakan fungsi untuk mengenal tipe data yang dipakai pada pembuatan program.
Syarat dalam pemberian nama variabel yaitu:
1.      Tidak boleh menggunakan spasi.
2.      Tidak boleh diawali dengan angka dan menggunakan bilangan aritmatika.
Contohnya :
Int jumlah;
Float total_harga;

B. KONSTANTA.
Konstanta adalah nilai yang sifatnya tetap.
Contohnya :
Const float pi = 3.14;

3.      PERINTAH KELUARAN DAN PERINTAH MASUKAN.

Bahasa pemprograman membutuhkan perintah masukan dan perintah keluaran untuk menjadikan program sesuai dengan yang diharapkan. Sehinggah pembuatan program yang baik dan dinamis perintah masukan dan peintah keluaran adalah kode penting dalam pemprograman. Begitu juga dengan pemprograman C++ yang memiliki perintah masukan dan perintah keluar.   

1. PERINTAH KELUARAN.
Ada jenis - jenis perintah keluaran yang diunakan program C++ yaitu :

1.1. PRINTF().
Merupakan fungsi keluaran yng paling umum digunakan untuk menampilkan informasi kelayar.
1.2. PUTS().
PUTS berasal dari kata “PUT STRING” yang digunakan untuk mencetak string kelayar.
1.3. PUTCHAR().
Digunakan untuk menampilkan sebuah karakter ke layar.
1.4. COUT().
Merupakan sebuah objek yang ada di C++ yang digunakan untuk menampilkan data ke layar.untuk menggunakan fungsi ini file header iostream.h harus disertakan.

2. PERINTAH MASUKAN.
2.1. SCANF().
Digunakan untuk memasukkan jenis data.
2.2. GETS().
Digunakan untuk memasukkan data string.
Bentuk penulisannya : gets(nama-variabel);
2.3. CIN().
Digunakan untuk memasukkan suatu data dengan menggunakan tanda “>>”, perintah ini biasanya digunakan bersama perintah keluaran output.
2.4. GETCH().
Digunakan untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan,tidak perlu mengakhiri dengan menekan tombol ENTER dan karakter yang dimasukkan tidak akan tampil dilaya monitor anda.
2.5. GETCHE().
Fungsi perintah ini sama dengan perintah getch() yaitu untuk memasukkan sebuah karakter tanpa perlu menekan enter, yang membedakan adalah karakter yang diinput pada perintah ini akan di tampilkan juga di output.

4. CONTOH PEMPROGRAMAN.
Dengan menggunakan turbo C++.

4.1. PROGRAM 1

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

void main()
{
int a = 19;
char b = 's';
float c = 7.50, d = 243.21;
const float pi = 3.14;

printf("%c merupakan abjad yang ke - %d \n", b, a);
printf("bilangan c = %4.lf \n", c);
printf("bilangan d = %4.lf \n", d);
printf("nilai pi = %f \n", pi);
}

OUTPUT :
S merupakan abjad yang ke-19
Bilangan C = 7.50
Bilangan D = 243.21
Niai P = 3.14

4.2. PROGRAM 2

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

void main()
{
Char a[4] = “ATB”;
Puts(“saya kuliah di”);
Puts (a);
}

OUTPUTNYA :
Saya kuliah di ATB

4.3 PROGRAM 3

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

void main()
{
Putchar(‘A);
Putchar(‘T’);
Putchar(‘B’);
}

OUTPUTNYA :
ATB

4.4. PROGRAM 

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>

void main()
{
Float a, b, c;
a = 7.5;
b = 8.4;
c = 0;

cout<<”masukkan nilai A = ‘<<a<<endl ;
cout<<”masukkan nilai B = “<<b<<endl ;
c = a + b;
cout<<”nilai c adalah = “<<c;
getch();
}

OUTPUTNYA :
Nilai a=7.5
Nilai b=8.4
Nilai c=7.5 + 8.4 =15.9

4.5. PROGRAM 5

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

void main()
{
Int a, b, c = 0;
Printf(“masukkan nilai A = “);
Scanf(“&d”, &a);
Printf(“masukkan nilai B = “);
Scanf(“&d”, &b);
C = a + b;
Printf(“hasil penjumlahan = %d”, c);
}

OUTPUTNYA :
nilai A=
nilai B=
nilai C=nilai a + nilai b


4.6. PROGRAM 6

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

void main()
{
Char nm1[20];
Char nm2[20];

Puts(“masukkan nama ke-1 = “);
Gets(nm1);
printf(“masukkan nama ke-2 = “);
scanf(“%s”, &nm2);
printf(“\n\n”);
puts(“senang berkenalan dengan anda”);
puts(nm1);
printf(“senang berkenalan dengan anda %s”, nm2);
}

OUTPUTNYA :
masukkan nama ke-1 (misalnya :ani)
masukkan nama ke-1 (misalnya :tina)
senang berkenalan dengan anda ani
senang berkenalan dengan anda tina

4.7. PROGRAM 7

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

void main()
{
Float a,b,c;
a = 7.5;
b = 8.4;
c = 0;

cout<<”masukkan nilai A = “;
cin>>a;
cout<<”masukkan nilai B = “;
cin>>b;
c = a + b;
cout<<”nilai c adalah = “;
}
OUTPUTNYA :
masukkan nilai a= 7.5
masukkan nialai b=8.4
nilai c adalah= 15.9

4.8. PROGRAM 8

#include<stdio.h>
#include<conio.h>

void main()
{
Char kar, tar;
Printf(“masukkan karakter kar = “);
Kar + getch();
Printf(“\nTadi anda memasukkan kar %c”, kar);
Printf(“\nMasukkan karakter tar = “);
 Tar = getche ();
Printf(“\nTadi anda memasukkan kar %c”, tar);
Getch();
}

OUTPUTNYA :
masukkan karakter kar : (misalnya a)
tadi anda memasukan kata a
tadi anda memasukan kata b

BAB III
SARAN.

Didalam mempelajari pemprograman diperlukan ketelitian dan kesabaran, karena bahasa pemprograman sangat berpengaruh bagi program yang kita buat. karena pada saat penulisan sintaksny salah satu penulisan maka program yang kita buat tidak akan dapat berjalan.

*TERIMAKASIH SUDAH MEMBACANYA.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTEMUAN 11 KOMPONEN KOMPONEN SWING LANJUTAN.

KOMPONEN – KOMPONEN SWING LANJUTAN Swing merupakan alternatif lain untuk mengimplementasikan pemprograman window. Walaupun diimplement...